Alat Musik

4 Daftar Alat Musik Bali yang Perlu Kalian Ketahui!

Bali merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang memiliki kultur dan budaya yang tidak kalah eksotisnya. Dimana tidak sedikit nilai kultur dan budaya sudah menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Dewata. Pulau bernuansa hindu ini juga kental mewarna warisan budaya yang ada di kota ini. Hal ini bisa kita lihat dari seni arsitektur bangunan, upacara keagamaan, tarian tradisional, sampai dengan alat musik tradisional.

Seni ini juga telah diwariskan dari generasi ke generasi dan menjadi salah satu bagian yang dilepaskan dari budaya tradisional. Dimana jenis tradisional Bali ini telah muncul sejak zaman bali kuno, yaitu pada abad ke-8 sampai dengan 14 masehi. Kali ini kami akan mengenalkan kepada kalian beberapa jensi alat musik daerah Bali yang perlu kalian pahami. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Alat Musik Bali Terbaik Dengan Alunan yang Mempesona

1. Gamelan Bali

Alat Musik Bali

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu alat musik dengan sekumpulan instrumen musik, yaitu gambang, gong, gendang, kempul, bonang, dan lain sebagainya. Dimana penyebaran gamelan ini telah cukup meluas, mulai dari Jawa, madura, Bali, sampai dengan Nusa Tenggara. Dimana setiap daerah akan memiliki gamelan dengan ciri khasnya sendiri. Alat musik tradisional bali ini juga hadir sejak tahun 896 meter atau saat Raja Ugrasena berkuasa di daerah Bali. Saat ini terdapat 25 jenis gamelan yang sudah berkembang di Bali, di antaranya yang terbuat dari bahan bambu dan sisanya tebruat dari logam.

2. Genggong Bali

Alat Musik Bali

Selanjutnya adalah salah satu jenis alat muisik yang unik dilihat dari karakter suara maupun cara memainkannya. Dimana untuk bisa menghasilkan sebuah suara atau nada, alat musik ini dimainkan dengan cara mengulumnya di bagian yang disebut “palayah”. Dimana tangan kiri akan menggenggam ujung alat yang ada di sebelah kiri, sednagkan tangan kanan akan memegang tangkai bambu yang terhubung dengan tali benang. Cara memainkannya adalah dengan memanfaatkan rongga mulut yang dapat membunyikan genggong ini sebagai resonantor.

3. Ceng-Ceng

Alat Musik Bali

Alat musik khas Bali ini dibilang mampu menghasilkan sebauh karakter suara yang khas. Dimana efek suara yang dihasilkan alat musik ini befitu dinamis dan mampu menghasilkan perpaduan delapan buah logam bundar yang bisa diadu satu sama lain. Dari segi bentuk, alat musik ini memiliki nilai kultural yang kental. Bentuknya juga seperti kura-kura dan bagian tempurungnya akan menjadi tempat diletakkannya loham bundar. Menurut kebudayaan Bali, kura-kura telah dipercaya memiliki nilai magis yang cukup kuat.

4. Gender

Alat Musik Bali

Instrumen musik satu ini merupakan salah satu variasi dari gangsa dengan jumlah bilah dan bentuk selewah yang berbeda. Dimana ciri khas alat musik ini adalah yerlihat dari gangsa yang dimainkan dengan dua alat pukul sehingga cara bermainnya akan sedikit berbeda. Alat pukul gender ini juga berbeda dengan gansa.

Dimana bentuk nya akan lebih menyerupai palu di bagian ujung atas yang mengecil dan tangkai yang terbuat dari bambu pipih. Sedangkan di bagian kepala alat musik ini menggunakan bahan kayu yang tidak begitu keras dan berbentuk bundar pipih.

Nah itu dia 4 daftar alat musik dari Bali terbaik yang perlu kalian pahami dan ketahui dengan berbagai alunan nada yang dihasilkannya.