Alat Musik

MENGENAL JENIS-JENIS ALAT MUSIK DARI JAWA BARAT

Indonesia terkenal dengan budayanya yang sangat kaya. Maka dari itu setiap daerah, provinsi mauapun kota memiliki kebudayaannya sendiri-sendiri dimulai dari lagu daerah, bahasa daerah, pakaian adat, suku, budaya dan hingga alat musiknya pun berbeda.

Semua budaya ini tentunya intergrasi menjadi satu sama lain sehingga menciptakan kesatuan yang tak terpisahkan. Sama halnya dengan lagu daerah, lagu daerah ini tak akan bisa berjalan tanpa apa alat musiknya. Karena alat musik modern rasanya kurang pas bila harus mengiringi lagu daerah. Untuk itu diperlukan alat musik asli Jawa Barat agar pembawaannya pun bisa lebih cocok.

Berbicara soal alat musik, mungkin yang ada di benakmu hanyalah angklung karena sangat identik dengan tanah sunda. Padahal masih banyak yang lainnya loh, ada yang penasaran? Langsung saja yuk simak!

1.Angklung

Angklung

Bagi kebanyakan orang, alat musik tradisional ini sangatlah terkenal yang berasal dari Jawa Barat. Angklung ini terbuat dari bambu dengan nada ganda. Cara memainkannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggoyangkan bagian bawahnya saja. Suara ini dihasilkan dari getaran dari dalam yang kita goyangkan secara perlahan.

Angklung ini memiliki beberapa tangga nada yang berbeda, sehingga butuh konsentrasi dalam memainkan ini. Ohiya angklung bisa dimainkan secara individu maupun berkelompok. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini sangatlah merdu dan juga membuat pendengarnya terasa nyaman, tak heran bila angklung ini sudah mendunia dan angklung juga sering digunakan sebagai pertunjukan di depan warga asing.

2.Calung

Calung

Bila diibaratkan, calung ini menerupai piano versi tradisionalnya. Calung terbuat dari bambu yang diaminkan dengan cara di pukul menggukan alat bamboo yang diberi karet pada ujungnya. Calung memiliki nada yang rendah hingga yang tingg dan disusun secara berurutan. Sehingga saat dipukul akan mengeluarkan nada suara yang berbeda.

3.Suling

Suling

Suling merupakan alat musik dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara di tiup. Jika kamu pernah memainkan recorder pada jaman SD, bentuknya hampir mirip namun cara mainnya tetaplah sama. Pada suling ini terdapat lubang dibagian tengahnya untuk menghasilkan melodi yang berbeda. Lobang ini berjumlah 4 hingga 6, sehinga jika kamu menutupnya sebagian atau semua akan mengeluarkan suara yang berbeda. Buka tutu lobang ini tergantung dari nada yang akan dibawakan. Kehadiran inilah yang akhirnya menciptakan recorder sebagai suling yang lebih modern. Ada yang pernah mencoba?

4.Kecapi

Kecapi

Dilihat dari bentuknya, bisa dibilang kecapi ini mirip seperti gitar karena terdapat senar diatasnya. Peranan kecapi dalam budaya Sunda sangatlah penting, karena jika kita lihat alat musik sunda tidak ada artinya bila taka da kecapi.

Kecapi ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu kecapi induk dan kecapi anak. Kecapi induk berukuran lebih besar dengan jumlah dawai hingga 20 dan biasanya digunakan untuk intro dan juga penentuan tempo dalam lagu. Sedangkan kecapi anak diperuntukan untuk menghasilkan suara nada yang tinggi. Dan dawai yang digunakannya pun hanya berjumlah 15 saja.

5.Kendang

Kendang

Dan yang terakhir adalah Kendang. Kendang atau bisa disebut juga sebagai gendang, merupakan alat musik khas Jabar yang dimainkan secara di pukul. Suara yang dihasilkan pun tergantung dari seberapa kerasa dan kekuatan dalam pukulan tersebut. Pukulannya menggunakan telapak tangan atau bahasa lebih singkatnya di tepak. Kendang ini dibuat dari kayu kelapa dan Nangka yang sudah dilapisi oleh kulit hewan seperti kambing.

Nah itulah 5 alat musik tradisional asal Jawa Barat. Semoga kita bisa terus melestarikan budaya ini ya agar tak punah, ada yang pernah memainkannya?