Alat Musik

MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL ASAL KALIMANTAN SELATAN

Indonesia memiliki segudang kekayaan. Baik itu kekayaan alam, keragaman hayati, kebudayaan seni dan lainnya. Kebudayaan kesenian seperti baju adat, hingga kesenian alat music tradisional. Berbicara tentang alat music tradisional. Indonesia memiliki beragam lagu daerah dengan  paduan alat music yang dipunya. Bahkan alat music ditiap daerah memiliki perbedaan. Seperti provinsi Kalimantan selatan, yang merupakan salah satu provinsi di indonesia yang memiliki kekayaan alat music tradisional. Music tradisi Kalimantan selatan ini memiliki bentuk dan ciri tersendiri, bila dilihat dari bentuk yang di punya music asal Kalimantan selatan ini terdiri dari vocal, instrumental dan ragam musiknya serta kesederhanaanya. Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja alat music tradisional asal Kalimantan selatan ini.

1. Gamelan Banjar

Gamelan Banjar

Apakah kalian tahu bahwa di Kalimantan selatan memiliki alat music tradisional bernama gamelan? Ya memang gamela banyak di daerah lain hanya saja, gamelan banjar berbeda dengan yang lainnya. Pada gamelan banjar ini dikenal dengan dua versi yakni keraton dan bersi kerakyatan. Hingga kini gamelan banjar masih terus eksis dan dipakai pada acara-acara sakral seperti wedding, penyambutan tamu atau acara-acara tradisional lainnya. Sejarah singkat nya gamelan banjar ini diperkenalkan oleh pangeran suryanata ke kalimatan selatan bersamaan dengan kesenian wayang kulit asal banjar.

2. Kintung

Kintung

Kintung merupakan alat music yang khas sekali berasal dari Kalimantan selatan. Terbuat dari bamboo dan memiliki bentul sedikit mirip angklung. Uniknya pada alat music kintung ialah memiliki ruas bamboo yang ukuran nya berbeda-beda dan diberi nama. Yakni hintalu randah, hintalu tinggi, tinti pajak, tinti gorak, pindua randah, pindua tinggi, dan gorak tuha. Adapun cara memainkan alat music ini yaitu dengan memukul sepasang tongkat pemukul.

3. Sampek

Sampek

Nah, alat music yang satu ini terkenal asal suku Dayak yang tentunya tersebar di pulau Kalimantan. Salah satunya Kalimantan selatan. Uniknya dari alamt music sampek yakni pembuatannya yang sangat teliti hingga memakan waktu berminggu-minggu. Pembuatannya juga masih menggunakan metode tradisional dan menggunakan kayu pilihan seperti kayu arrow, kayu kapur dan lainnya.

4. Kurung-kurung

Kurung-kurung

Kurung-kurung merupakan khasnya alat music asal Kalimantan selatan ini memiliki bentuk yang sangat unik. Alat musik kurung-kurung dimainkan secara berkelompok dengan cara dihentakkan ketanah, lalu akan mengeluarkan nada yang tentunya berbeda-beda dengan yang lainnya. Biasanya alat music kurung-kurung dimainkan saat ada acara penting saja. Seperti acara adat, penyambutan tamu dan momen-momen terpenting. Tapi beredar informasi bahwasanya alat music kurung-kurung ini hampir punah dikarenakan oleh keterbatasan bahan untuk membuat alat music ini. selain itu juga kurangnya generasi sekarang untuk melanjutkan dan meneruskan alat music yang satu ini.

5. Terbang Madihin

Terbang Madihin

Nah alat music yang satu ini mirip dengan rebana. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan. Terbang madihin terbuat dari kulit kambing yang sudah dikeringkan. Setelah itu alat music ini diberi kerangka kayu dengan kayu pilihan dan terbaik. Alat music ini sangat terkenal di Kalimantan selatan dan biasa digunakan juga pada saat acara-acara. Bahkan alat music ini menjadi alat music yang selalu digunakan tiap acara-acara sakral.

Nah itulah kekayaan alat music tradisional asal indonesia. Begitu beragam dengan ciri khasnya masing-masing. Sebagai rakyat indonesia tentu kita harus tau alat music apa yang ada di indonesia dan harus terus melestarikannya.