Musik Melodis

Alat Musik Melodis Tradisional Yang Berasal Dari Indonesia

Musik dapat menjadi salah satu cara menenangkan atau melepas penat seseorang yang sedang dalam keadaan buruk suasana hatinya. Banyak lagu-lagu hebat yang diciptakan oleh penyanyi hebat di dunia, namun terbentuknya suatu lagu tidak lepas dari alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu tersebut.

Maka dari itu banyak orang yang mulai mempelajari alat-alat musik dan menjadikan sebagai hobi bahkan menjadikan sebagai pekerjaan. Namun sebelum mempelajari alat-alat musik, apakah kalian tahu alat musik dibagi menjadi tiga ansambel yaitu alat musik melodis, alat musik ritmis dan juga alat musik harmonis.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai alat musik melodis, yang dimaksud dengan alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki tangga nada yang dapat menghasilkan melodi pada lagu, sehingga alat musik melodis dapat dimainkan secara tunggal dan sering kali dijadikan sebagai pengatur nada pada suatu lagu.

Namun apakah kalian tahu bahwa ada beberapa alat musik melodis yang berasal dari Indonesia, berikut adalah beberapa alat musik melodis yang berasal dari Indonesia.

Angklung

Angklung

Alat musik melodis pertama yang akan kami bahas adalah angklung, alat musik yang mungkin tidak asing lagi dan mungkin pernah kita mainkan saat di sekolah. Angklung merupakan alat musik yang berasal dari Sunda, Jawa Barat.

Angklung terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara digetarkan dan dapat menghasilkan nada berbeda-beda, perbedaan setiap nada dipengaruhi oleh besar kecil dari masing-masing angklung. Dan cara memainkan angklung adalah dengan satu tangan memegang kerangka angklung dan tangan yang lain menggoyangkan bagian bawah angklung.

Kecapi

Kecapi

Kecapi juga merupakan alat musik melodis yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Kecapi hampir memiliki bahan dasar yang sama seperti gitar akustik yang terbuat dari bahan kayu dan juga di lengkapi dengan senar namun bentuknya saja yang berbeda, dan cara memainkan kecapi adalah dengan di petik sehingga sangat cocok untuk mengiringi lagu daerah yang lembut.

Seruling

Seruling

Sama halnya dengan angklung yang sudah cukup populer, seruling juga merupakan alat musik melodis tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Seruling berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari bambu yang diberikan lubang 6-7 titik untuk menghasilkan nada yang berbeda-beda dan cara memainkan seruling adalah dengan ditiup, dimana keras lembut tiupan yang kita lakukan mempengaruhi tinggi rendahnya nada yang dihasilkan.

Sasando

Sasando

Beranjak ke Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, terdapat alat musik melodis tradisional yaitu sasando. Sasando memiliki bagian utama yang terbuat dari bambu khusus benbentuk tabung dan dilengkapi dengan dawai ( senar ) juga dibagian atas bawah bambu terdapat tempat untuk memasang dan mengatur kencang dawai ( senar ).

Sasando dimainkan dengan cara dipetik, meski demikian memainkan sasando tidaklah mudah karena biasanya sasando dimainkan dengan kedua tangan yang berarah berlawanan, dimana tangan kanan untuk memaikan kunci dan tangan kiri untuk memaikan melodi.

Talempong

Talempong

Alat musik melodis tradisional ini berasal dari Minangkabau, Sumatra Barat. Talempong merupakan alat musik pukul tradisional yang terbuat dari campuran tembaga, timah putih dan besi putih, cara memainkan talempong dengan cara dipukul menggunakan sepasang kayu, yang menghasilkan nada berbeda disetiap pukulan pada permukaannya.

Bonang

Bonang

Alat musik melodis tradisional yang serupa seperti talempong adalah bonang, Bonang berasalh dari Pulau Jawa dan Bali, bonang terbuat dari campuran logam seperti perunggu, besi dan kuningan. Cara memaikan bonang adalah dengan cara memukul bonang menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan kain atau karet.

Itulah beberapa alat musik melodis tradisional yang berasal dari Indonesia, sudah seharusnya kita sebagai warga negara Indonesia bangga dan juga melestaikan alat musik melodis tradisional khususnya dari Indonesia.