Alat Musik

Alat Musik Tradisional yang Hampir Punah

Alat musik apa saja yang kamu kenal? Gitar? Drum? Tapi pernahkah kamu mendengar ala musik seperti Celempung, Taktok Trieng, atau bahkan Gong Sebul? Asing bukan? Nah, ternyata di Indonesia banyak, loh alat musik tradisional yang masih kurang dikenal oleh masyarakat, ini membuat jarang ada yang memainkan alat musik ini dan berakibat kepunahan.

Kira-kira ada apa saja ya alat musik yang sudah hampir punah? Berikut ini akan kami tunjukkan beberapa alat musik tradisional yang hampir punah.

5 Alat Musik Tradisional Hampir Punah

1.Celempung

Celempung

Pertama yang akan kami bahas adalah Celempung, sebuah alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar membuat Celempung adalah bambu, bahkan senarnya terbuat dari sembilu bambu.

Untuk memainkannya, adalah dengan cara memukulnya dengan alat bernama Taerngteng. Tidak perlu banyak orang untuk memainkan Celempung, karena bisa dimainkan sendiri. Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengatur irama di dalam lagu orkestrasi yang dinamakan Celempungan.

2. Taktok Trieng

Taktok Trieng

Sama seperti Celempung, Taktok Trieng juga merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. Biasanya Taktok Trieng bisa dijumpai di daerah Kabupaten Pidie, Aceh Besar dan juga di beberapa kabupaten lain.

Terdapat dua jenis Taktok Trieng, yaitu yang biasa digunakan di balai-balai pertemuan, lalu ada juga Taktok Trieng yang biasa digunakan masyarakat di Sawah. Fungsinya kalau di sawah untuk mengusir burung-burung yang mengancam tanaman para petani.

3. Rindik

Rindik

Bali juga memiliki alat musik tradisional yang hampir punah, yaitu Rindik. Alat musik ini juga terbuat dari bambu, tapi suara yang dihasilkannya berdasarkan salendro atau skala dari gamelan musik. Sebenarnya, kita masih dapat menjumpai alat musik ih di beberapa upacara perkawinan tradisional di Bali. Ada juga acara pertunjukkan yang bernama Joged Bumbung.

Biasanya tarian Joged Bumbung ini diiringi oleh 10-20 orang yang memainkan gamelan dan juga para penabuh. Bisa juga dimainkan pada acara di Hotel untuk menghibur para wisatawan yang sedang datang ke Bali.

4. Pa’pompang

Pa’pompang

Pa’pompang merupakan sebuah alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya di Tanah Toraja. Biasanya penduduk menyebut alat musik Pa’pompang ini sebagai Pa’bas. Itu karena suara yang dihasilkan lebih dominan ke suara bas.

Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara ditiup, untuk jangkauan nada yang dihasilkan adalah dua setengah oktaf tangga nada. Meski termasuk alat musik tradisional, namun Pa’pompang bisa dimainkan dengan alat musik lain seperti piano, organ, atau bahkan terompet.

5. Gong Sebul

Gong Sebul

Alat musik yang hampir punah terakhir yang akan kami bahas adalah sebuah alat musik dari Yogyakarta yang bernama Gong Sebul. Ini merupakan alat musik yang terbuat dari sebilah bambu dan memiliki panjang yang disesuaikan dengan hasil suara yang diinginkan. Meski bernama Gong, tapi alat musik ini tidak dipukul, melainkan di tiup.

Biasanya banyak orang yang memainkan Gong Sebul ini untuk melengkapi musik Krumpyung, yang isinya terdiri dari beberapa alat musik tradisional yang terbuat dari bambu, seperti demung, saron, peking, bonang, gambang, kempul, dan kendang.

Nah, itulah beberapa alat musik di Indonesia yang hampir punah dan kurang dikenal oleh masyarakat. Padahal seharusnya kita bisa mewariskan budaya Indonesia kita ini kepada anak cucu kita nanti. Jadi ayo kita lestarikan alat musik Indonesia!