Uncategorized

Daftar Alat Musik Dari Sulawesi selatan Yang Dapat Dijadikan Referensi Sebagai Bahan Pembelajaran .

Alat musik daerah di masa sekarang tidak cukup terkenal di kalangan masyarakat terutama untuk anak-anak muda jaman sekarang , banyak alat musik daerah di Indonesia ini yang menjadi kekayaan seni dan budaya .

Kali ini alat musik yang akan dibahas adalah alat musik dari Sulawesi Selatan biasanya alat musik daerah ini di gunakan sebagai pengiring upacara adat yang ada di daerah masing-masing

Sulawesi Selatan terkenal akan banyak kota kali ini kota yang saya ambil adalah provinsi Makassar , Bugis dan Toraja .

Alat musik dari suku-suku ini memoliki sebuah kesamaan antar satu sama lain namu ada salah satu alat musik yang tidak ada di suku-suku lain .

Berikut beberapa alat musik dari Sulawesi Selatan :

1. Kesok-kesok

Kesok-kesok atau yang familiar dengan gesong kesong punya nama lain kerek-kerek gallang. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara digesek. Kesok-kesok terbuat dari tempurung kelapa, kulit kambing, serta kayu.

Hanya ada dua buah senar. Alat musik ini digunakan alat gesek biola bahkan bisa menggunakan kawat biasa sebagai alat gesek . saat dimainkan alat ini di letakan di lantai.

2. Gandrang

Gandrang ini di yakinin ada tiga jenis yaitu gandrang mangkasarak , gandrang pakarena ,dan gandrang pamancak alat musik ini terbuat dari kayu cempaka dan kayu nangka pada bagian kayu di beri lubang lalu di tutup dengan kulit kambing .

Gandrang mangkasarak memiliki bentuk yang lebih besar Gandrang jenis ini di tabuh saat upacara adat seperti pemberkatan akan benda-benda pusaka ,

Gandrang mangkasarak ini lebih di kenal dengan nama gandrang kalompoang dan gandrang gaukang karena di gunakan oleh upacara adat .

Sementara gandrang pakarena ini di pakai untuk mengiringi tari tradisional , termaksut tari kipas sementara gandrang akmancak merupakan yang paling kecil . Gandrang ini memililki diameter sekitaran 20-25 cm dan digunakan untuk mengiringi seni bela diri dari Makassar .

3. Pa’pompang

Alat musik ini bersal dari suku Toraja , berbahan dasar bambu sama seperti angklung tetapi tidak serupa . terdapat perbedaan dari cara memainkanya ,

Pa’pompang ini di mainkan dengan cara ditiup . besar kecil bambunya akan berpengaruh pada nada yang di hasilkan saat di tiup . potongan bambu yang kecil menghasilkan nada tinggi dan besar nada rendah.

Dalam bermain Pa’pompang ini di mainkan dalam bentuk kelompok biasanya ada 25 orang atau lebih untuk meniup Pa’pompang ini dan ada pemain suling biasanya di mainkan di acara upacara- upacara adat .

4. Puik-Puik

Puik-puik ini alat musik yang terbuat dari kayu dan besi yang dibuat mirip seperti terompet dan pada bagian pangkalanya terdapat pipa sebagai penghasil suara alat musik ini dimainkan dengan cara di tiup . pangkalan dari puik-puik ini terbuat dari logan dan terdapat potongan daun lontar untuk menghasilkan suara saat di tiup .

Nah itulah beberapa alat musik daerah Sulawesi selatan yang kami sajikan agar kalian dapat menambah ilmu dan dapat mencobanya bila mengunjungi Sulawesi selatan.

Pastikan kalian melestarikan budaya kita bangsa Indonesia agar tidak punah dan tergantikan dengan alat musik dari bangsa asing . semoga artikel ini bermanfaat yah.