Uncategorized

Alat Musik Gambang Kromong

Gambang Kromong merupakan alat musik sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat musik dari tionghua m seperti sukong , tehyan dan kongahyan , gambang kromong ini merupakan campuran nama dari dua alat musik yaitu gambang dan kromong , gambang kromong ini tercampurkan oleh budaya pemimpin komunitas Tionghoa yang diangkat belanda berdana nie hoe kong sehingga menciptakan orkes gambang kromong ini loh. berikut contoh orkes gambang kromong

Arti Gambang

Gambang sendiri merupakan gabungan potongan kayu yang di buat sedemikian rupa berjumlah 18 buah di susun berjajar dan akan menghasilkan bunyi bila di pukul dengan kayu yang di lapisi kain ,sedangkan kromong sendiri dibuat dari perunggu atau besi yang memiliki jumlah 10 buah , tangga nada yang di gunakan dalam gambang kromong ini adalah tangga nada pentatonic cina atau sering disebut dengan salendro Cina , Instrumen pada Gambang kromong ini terdiri dari gambang kromong sendiri , gong , gendang , suling, kecrek dan alat musik tradisional dari Betawi itu sendiri. Setiap alat musik dimainkan dengan melodi agar menjadi sesuatu kesatuaan yang harmonis

Seperti yang ditakan tadi gambang kromong ini merupakan perpaduan serasi anatara unsur-unsur dua etnis yang di lebur menjadi satu sehingga dapat menciptakan alunan-alunan melodi yang indah, hal ini dapat di lihat dari alat-alat music gesek yaitu sukong, tehyan dan kongahyan itu sendir . pencampuran kebudayaan ini tampa juga pada perbendaharaan lagu-lagunya .

Lagu-lagu Gambang Kromong

Lagu-lagu yang di bawakan pada permainan gambang kromong ini adalah lagu yang bersifat humor, penuh gembira, ejekan atau sindiran tidak luput juga dari sifat lagu ini sendiri , pembawaan lagu ini secara bergilir antara laki-laki dan perempuan sebagai lawanya.

Gambang kromong merupakan musik dari Betawi yang paling banyak penyebaranya di wilayah DKI Jakarta maupun sekitarnya ( Jabotabek). Jika terdapat lebih banyak pendudukk peranakan Tionghua dalam masyarakat Betawi setempat . gambang kromong ini sudah mulai sulit kita temui di karenakan budaya kita dari Indonesia mulai tersingkirkan oleh budaya lain. Masih dapat kita temui di sekitar daerah Jakarta Utara dan Jakarta Barat untuk masa-masa sekarang meskipun memang sudah jarang.

Jadi guys menurut penemu gambang kromong ini yaitu Orkes yang Khim gambang kromong ini itu adalah contoh perwakilan dari perpaduan pribumi dan cina sehingga kita dapat menikmati alunan musik tanpa harus memandang etnis tersebut dan hasil itu membuahkan hasil yang memuaskan , pada masa itu gambang kromong merupakan hiburan yang di saksikan oleh semua kalangan masyarakat dengan guyonan-guyonan maupun sindiran tanpa menyakiti perasaan orang lain .

Contoh Lagu Gambang Kromong

Berikut contoh dari lagu-lagu gambang kromong guys enteh Manis Berdiri, Mas Nona, Gula Ganting, Semar Gunem, Gula Ganting, Tanjung Burung, Kula Nun Salah, dan Mawar Tumpah dan sebagainya, dan lagu-lagu Sayur (Pop) berjudul: Jali-jali, Stambul, Centeh Manis, Surilang, Persi, Balo-balo, Akang Haji, Renggong Buyut, Jepret Payung, Kramat Karem, Onde-onde, Gelatik Ngunguk, Lenggang Kangkung, Sirih Kuning dan sebagainya,

Jadi kita sebagai rakyat Indonesia diharapkan dapat menjaga kebudayaan yang telah di tinggalkan oleh para pendahulu-pendahulu kita dengan cara mempelajarinya sehingga tidak ada kepunahan dalam budaya kita yang sangat kaya ini .

Guys itu lah beberapa sejarah dari gambang kromong yang mungkin bermanfaat untuk kalian jadikan refrensi untuk pembelajaran , semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya.