Universitas Semarang Melakukan Penerapa Web ERP Bertujuan Untuk Membantu UMKM

Universitas Semarang Melakukan Penerapa Web ERP Bertujuan Untuk Membantu UMKM

Dilansir dari https://imigrasibekasi.com/ Mahasiswa Universitas Semarang laksanakan kesibukan penerapan Web ERP untuk pengusaha UMKM Semarang Second Store di Tlogosari, Kota Semarang. UMKM mesti pakai Software ERP atau web ERP untuk pemenuhan dari operasional suatu bisnis, salah satu fungsi dari proses ini adalah bisa membantu pendataan gudang operasional terhadap toko UMKM. Seperti halnya Semarang Second Store yang berdiri terhadap tahun 2019, masih pakai metode manual untuk mengelola inventory gudang muncul masuknya barang. Prima Ogiansyah sebagai penanggung jawab kesibukan ini menyatakan bahwa kesibukan ini mempunyai tujuan membantu UMKM (Semarang Second Store) untuk mempermudah akses didalam pendataan gudang operasionalnya. Karena pada mulanya di UMKM yang kami datangi ini masih pakai pendataan secara manual. Tentu saja untuk menerapkan proses ERP ini mesti pendampingan baik dengan pemilik UMKM & karyawan.  Kegiatan ini dilaksanakan didalam wujud pelatihan dan pendampingan penyusunan pendataan secara awal. Pendampingan didalam kesibukan ini lebih efektif didalam membantu para pelaku UMKM untuk mengetahui dan bisa pakai bantuan software Web ERP untuk pendataan operasional gudang.

Ibu Vensy Vydia, S.kom.,M.Kom selaku dosen Universitas Semarang ┬ámengatakan bahwa “Web ERP memiliki banyak keunggulan, diantaranya bisa mengelola segala cakupan aspek bisnis, seperti Produksi, Gudang, Penjualan, Supplier, dll. Sehingga bisa menjadikan seluruh proses di didalam suatu perusahaan jadi satu proses yang terintegrasi dengan satu database, sehingga beberapa departemen jadi lebih ringan didalam share data, dan lebih ringan pula didalam laksanakan komunikasi.” Menurutnya web ERP sendiri memiliki banyak kelebihan didalam aspek bisnis seperti Produksi, gudang, penjualan, supplier, dan lain-lain. Menurut ibu Vensy seluruh proses bisa dijadikan didalam suatu proses yang terintegrasi dengan satu database, dan memudahkan untuk laksanakan komunikasi.

Robot Universitas Kristen Satya Wacana Lolos ke Tingkat Nasional

Tim Robotic Research Center (R2C) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga terdiri dari sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) lagi memperlihatkan kemahirannya terhadap Kontes Robot Indonesia (KRI) bagian seleksi tingkat lokasi akhir Mei 2023 lalu.

Satu robot R2C yakni R2C BIMA sukses lolos di tingkat lokasi dan akan bertanding di KRI Tingkat Nasional. Salah seorang bagian tim R2C BIMA Dimas Lutfi Somadul Irham menyatakan persaingan yang akan diikuti R2C tidak serupa dari persaingan tahun sebelumnya. “Perlombaan tahun ini tidak serupa dari tahun kemarin, yakni dari aspek desain robot yang mengikuti regulasi ketentuan dan termasuk dengan rencana permainan robot yang berbeda,” katanya, Kamis (15/6/2023). Dia menyatakan R2C BIMA merupakan robot laksanakan permainan daerah tic tac toe atau dam daman dengan arena dan spesifikasi robot yang disesuaikan dengan ketentuan dari KRI.

“R2C mesti menyiapkan strategi yang tepat untuk mengikuti kontes tingkat nasional tersebut. Kami berharap bisa menang didalam pertandingan dan jadi juara nasional,” ujarnya. Dia memperlihatkan persiapan dari aspek robot udah matang baik secara hardware maupun software. Namun, tim mesti menyiapkan strategi perlombaan dan mental juara untuk bertanding di tingkat nasional. Sementara itu, di peluang yang sama tempo hari sore, Ketua Tim R2C UKSW Jevan Farica menjelaskan, tim yang lolos tingkat nasional ini akan bertanding terhadap 21-26 Juni 2023 mendatang di Universitas Semarang.

Gimana sangat bermanfaat bukan artikel yang sudah kami berikan, jangan lupa juga untuk bacar artikel dalam website kami.